Anda Sudah Tahu Arti DOT Untuk Minyak Rem ? Yang Belum Tahu Wajib Simak Ini Biar Paham

Membaca Kode DOT Minyak Rem - Salam sukses buat sobat otomotif, pada kali ini kita akan membahas mengenai kode DOT pada minyak rem motor kesayangan Anda. Mungkin jarang yang mengetahuinya kecuali Anda adalah salah satu teknisi atau membidangi servis motor. Namun agar kita menambah wawasan dunia perbengkelan, salah satunya adalah memahami kode kode ini. Pasti Ada makud penggunaan untuk motor dengan spesifikasi sendiri

Memahami Arti dari Dot di Minyak Rem
Memahami Arti dari Dot di Minyak Rem

www.marhelloka.com - Bila Anda cukup memperhatikan pada minyak rem ini tentu terdapat kode DOT 3, DOT 4, DOT 5 hingga DOT 5,1 . inilah kode kode yang bakalan Anda temui di setiap minyak rem motor. Tentu tidak akan paham bila kita tidak mengetahui secara langsung atau bertanya pada pihak bengkel, sebagimana yang dikutip oleh salah satu rekan yakni  Peter D

Baca Juga : Bedah Kasus Kenapa Motor Susah di Nyalakan di Pagi Hari ?


"Kode DOT itu mengacu untuk titik didihnya. Semakin angkanya tinggi maka semakin tinggi titik didihnya," buka Peter Dionisius Manajer Promosi PT Autochem Industri, distributor produk Prestone di Indonesia.

Sekarang sudah ada gambaran bahwa untuk minyak rem sendiri memiliki tingkatan penggunaan yang disesuaikan dengan spesifikasi motor berdasarkan titik didihnya. Lebih jelasnya akan di tukujan dengan tabel di bawah ini,

Penggunaan Kode Minyak Rem

DOT 3

minimal titik didihnya adalah 205 derajat celcius

DOT 4

untuk titik didih minimal 230 derajat celcius

DOT 5

untuk titik didih 260 derajat ceclius

"Jadi motor-motor skubek di bawah 150 cc itu masih bisa pakai DOT 3 karena kinerja rem memang tidak terlalu tinggi," bilangnya lagi.


"Kalau motor-motor sport 250 cc ke atas bisa lebih tinggi lagi titik didihnya," yakin Dion.

"Jadi kalau motor sport kenapa harus DOT 4 karena kinerjanya pasti lebih tinggi dari motor bebek atau matic," tutur Dion lagi.

Kalau kecepatannya lebih tinggi maka tentu saja kinerja rem akan lebih tinggi dan bisa bikin suhu sistem pengereman juga lebih tinggi. Makanya, dibutuhkan minyak rem yang punya titik didih lebih tinggi untuk mengimbangi kerjanya.

Demikian diatas merupakan kegunaan dan fungsi dari masing masing kode minyak rem yang bakalan ditemui, jadi ketika sobat otomotif hendak mengganti minyak rem tentu sudah memahami sebagimana tabel ditas, DOT berapakah yang bakalan digunakan. Sudah pahamkan sobat ?

Artikel di atas di sadur dari laman gridoto, barangkali sobat mendapatkan pengalaman lainnya seputar otomotif bisa di tuliskan di komentar, dan jangan lupa untuk sharing artikel ini ke orang lain agar tambah bermanfaat "SALAM OTOMOTIF"

Pencarian Terkait :

#fungsi minyak rem
#minyak rem motor
#jual minyak rem

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Anda Sudah Tahu Arti DOT Untuk Minyak Rem ? Yang Belum Tahu Wajib Simak Ini Biar Paham. Berlangganan melalui email sekarang juga:

BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Anda Sudah Tahu Arti DOT Untuk Minyak Rem ? Yang Belum Tahu Wajib Simak Ini Biar Paham"

Post a Comment