Anda Tahu Cruise Control ? Penemunya Seorang Tunanetra Ternyata , Perlu Baca Sejarah ini

Sejarah Cruise Control -  Bila sobat memiliki sebuah mobil atau sepeda motor dengan kelas menengah ke atas, apalagi mobil mobil mewah sobat bakalan menemukan Cruise Control. Sudah banyak sekali digunakan di high kelasnya dan memiliki fungsi yang sangat mengesankan. Betah kalau menyetir di trek seperti jalan tol dan jalanan lurus lainnya. Anda bakalan lebih santai dan  leluasa. Oleh karena itu coba kita kenalan dengan asalmu asal Cruise Control ini.


Penggunaan Cruise Contol dan sejarahnya
Penggunaan Cruise Contol dan sejarahnya


www.marchelloka.com -  Nah Cruise Contol ini merupakan fitur mobil yang bisa mempertahankan atau mengatur kecepatan seseuai dengan keinginan sobat otomotif  hanya dengan lewat pencet tombol saja. Mudah sakali bukan kebayang juga bila mobil sobat belum ada Cruise Controlnya

Baca Juga : Apakah oli Mesin Bisa Expired ?


Lebih jelas dan fungsinya akan terasa bila kendaraan melaju konstan di trek yang lurus, kaki atau tangan tidak perlu kontrol gas untuk mempertahankan laju mobil. Sehingga perjalan terasa sangat mulus dan begitu sangat nyaman.

Dengan fungsi tersebut , kita harus tahu siapa penemu dari Cruise Control ini ?

Penemunya adalah Ralph Teetor, yakni seorang pria dengan kebangsaan Amerika Serikat. Tentu beliau begitu berjasa sampai sekarang dimana Cruise Control sudah Anda rasakan.

Ralph Teetor / Penemu Cruise Control
Ralph Teetor / Penemu Cruise Control
Tentunya tidak sekedar namanya saja yang kita kenal, padahal bila sobat yang wajib tahu adalah beliau adalah seorang tunanetra sejak beliau masih kecil dengan umur 5 tahun waktu itu.

Teetor sendiri waktu itu terpikirkan menciptkan Cruise Control saat sedang pergi naik mobil dengan seorang pengacara. Ceritanya adalah Teetor menyadari si pengacara dalam gaya mengemudi mobilnya,

Ketika sang pengacara berbicara kepada Teetor maka laju mobil akan melambat dan kembali cepat ketika sang pengacara saat dirinya mendengarkan ungkapan dari Teetor.

Ternyata laju mobil dengan kecepatan yang berubah ubah menjadikan Teetor sangat tidak nyaman dan terusik sehingga muncul lah inspirasi suatu alat yang dapat mengatur laju sebuah mobil bisa menahannya.

Lanjut berada di tahun 1948 waktu itu. Teetor mengumumkan paten Cruise Contol atas nama dirinya di pantent US 2519859. Hal ini sangat perlu dimana sebuah penemuan sudah semestinya di patenkan.

Cara kerja dari Cruise Control adalah dengan menggunakan ssolenoid yang mengatur kabel gas. Solenoid ini mendapat umpan dari kecepatan putaran as roda, jika putaran as roda terlalu cepat, pedal gas dikendurkan, begitu juga sebaliknya.

Sebelum di namai Cruise Control pada awalnya banyak nama dari fitur ini, mulai dari Speedostat, Touchomatic, hingga Auto-Pilot. Namun seiring bergantinya waktu, Akhirnya Crysler yang mulai mempopulerkan fitur ini jadi bernama cruise control. Di lansir dari Gridoto

Demikian mengenai teknologi Cruise Control saat ini, bila sobat memiliki tanggapan lain silahkan isi di kolom komentar di bawah. Jangan lupa juga untuk di share ke teman teman dan seberapa banyak mereke suka pada postingan Anda "SALAM OTOMOTIF"

Pencarian Tekait :

#cruise control
#sejarah cruise control
#fitur mobil mewah

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Anda Tahu Cruise Control ? Penemunya Seorang Tunanetra Ternyata , Perlu Baca Sejarah ini. Berlangganan melalui email sekarang juga:

BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Anda Tahu Cruise Control ? Penemunya Seorang Tunanetra Ternyata , Perlu Baca Sejarah ini"

Post a Comment