Yakin Anda Tahu Oli Mesin Itu Bisa Expired Atau Tidak ? Kalau Kata Ahlinya Seperti ini

Apakah Oli Mesin Expired ? -  Para pecinta otomotif tidak semua orang tahu mengenai oli mesin dengan seksama. Sebagaimana oli mesin ini merupakan barang yang rutin kita beli untuk keperluan motor atau mobil kesayangan kita. Setiap kali servis dan menemui jarak kilometer tertentu kita mesti Ganti Oli. Hal ini sangat dianjurkan demi kenyamanan dan menjaga mesin agar selalu awet atau tidak boros pemakaian.



Ilustrasi Oli Mesin Apakah bisa expired ?
Ilustrasi Oli Mesin Apakah bisa expired ?

www.marchelloka.com - Informasi ini admin kutip dari laman gridoto.com yang mengupas oli mesin. Ini merupakan sebuah contoh ketika waktunya Ganti Oli kemudian sobat otomotif menemukan oli mesin yang berdebu dan terkesan lama tidak terjual atau terpakai. Lantas bila itu adalah bikinan kemudian apakah seperti makanan? adakah masa pemakaiannya dan ada masa dimana oli sudah tidak boleh digunakan ?

Baca Juga : Cara Melakukan Top Up Go-Pay Yang Cepat


Kadang pertanyaan seperti ini dirasa sederhana namun mengganggu kita untuk ragu ragu memakai dan menuangkan kedalam mesin kendaraan, bukan menjadi baik malah justru sebaliknya yakni malah rusak gara gara oli yang lama tersebut.

Menurut Totok Subagyo, Brand Small Engine Oil Manager PT Pertamina Lubricants, oli tidak akan kedaluwarsa selama kemasannya tidak terbuka.

“Oli tidak ada kedaluwarsanya, selama penyimpanannya baik dan tidak ada kontaminan yang masuk,” kata Totok kepada GridOto.com

Ini perlu menjadi acuan agar kita tidak sembarang meletakan oli mesin yang belum dipakai atau terjual, misalnya oli mesin ditaruh ditempat yang terbuka maka setelah setahun disimpan, oli mesin harus dites bagaimana dengan kontaminannya sebelum benar benar digunakan untuk kendaraan atau terjual.

Totok menyebut ada tiga 'musuh' utama oli, di mana ia bisa sangat mudah tercampur seandainya kemasan tidak tertutup sempurna. Tiga musuh oli mesin yang dimaksud tersebut yaitu debu, air, dan oksigen.

“Selama oli enggak tercampur debu, air dan oksigen, maka aman-aman saja,” papar Totok.

Oli Mesin dengan Oksigen

Oli akan mengalami oksidasi jika terkontaminasi dengan oksigen, maka hasilnya oli yang sudah kental bisa berubah menjadi endapan yang lebih kental dan lengket.

Oli Mesin degan Debu

Kalau oli yang tercampur dengan debu dapat membahayakan mesin, debu bisa saja mengandung silika (zat tajam tapi halus), mesin bakal baret jika digunakan.

Oli Mesin dengan Air

Sementara kalau air yang tercampur dengan oli, bisa merusak jeroan mesin.

Jadi kalau kamu dapat oli yang kemasannya sudah debuan tapi belum ada kebocoran di kemasan dan masih tersegel sempurna, enggak perlu khawatir karena masih bisa digunakan tuh olinya.

Nah dari keterangan diatas, sobat otomotif sebagai pemilik bengkel atau pihak penjual selalu mengecek dengan baik penangan terhadap produk oli mesin agar bisa maksiman digunakan didalam kendaraan yang sedang diservis.

Sedang bagi sobat otomotif yang perlu hati hati dan memastikan bahwa Oli mesin yang digunakan masih tersegel dan belum terkontaminasi dengan tiga model pencampuran diatas. Karena demi kendaraan Anda maka wajib tahu yha sobat.

Bila sobat otomotif memiliki tanggapan lain tentang oli mesin  ini, silhakan isi di kolom komentar dan share artikel ini agar terus bermenfaat bagi orang lain. Seberapa banyak juga like teman teman Anda ? "SALAM OTOMOTIF"

Pencarian Terkait :

#oli mesin terbaik
#pengetahuan teknologi
#oli motor

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Yakin Anda Tahu Oli Mesin Itu Bisa Expired Atau Tidak ? Kalau Kata Ahlinya Seperti ini. Berlangganan melalui email sekarang juga:

BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Yakin Anda Tahu Oli Mesin Itu Bisa Expired Atau Tidak ? Kalau Kata Ahlinya Seperti ini"

Post a Comment