Awas Pasti Nyerah Kalau Electronic Power Steering Kena Masalah Dari Toyota Rush Sampai Alphard Juga

Electronic Power Steering - Kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai EPS yakni kepanjangan dari Electric Power Steering yang memiliki fungsi penting pada mobil. Yakni membuat mobil menjadi lebih efisien dalam hal energi dan bahan bakar.  Efisiensi ini disebabkan lantaran lebih praktisnya sistem electrik power steering dengan menggunakan motor, dan tidak membebani putaran mesin



www.marchelloka.com -  "Kalau power steering biasa yang menggunakan hidrolis itu berfungsi dengan tekanan oli yang membantu menggerakan steering rack," ujar Adhy Santosa, pemilik bengkel Alfa Jaya Motor di Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Tak sekedar itu saja, beliau  juga menambahkan "Sistem hidrolis itu digerakkan dengan power steering pulley yang membebani mesin,"

Keunggulan lain dari Electric Power Steering ini memang panjang umur secara relatif tergantung bagaimana gaya mengendarai Anda. Barangkali sobat otomotif juga asyik menikmatin fitur ESP ini.

Alih demikian tentu ada hal yang lain yakni kelemahannya pasti akan selalu ada. Meski secara penggunaan jauh lebih praktis dan efisien, Anda bakalan was was bila ESP anda bermasalah atau rusak, Kenapa ?

ESP ini bila sudah rusak ataupun bermasalah maka ketemunya adalah biaya penggantian akan sangat mahal  tidak tanggung tanggung.

Sama halnya dengan perbaikan CVT, dengan mengganti sistem electric power steering ini tidak bisa di ecer, namun harus membelinya secara assembly atau sepaket sekalian

"Kalau sudah rusak harus ganti satu komponen, jadi tidak bisa hanya beli gir motornya saja, atau jointnya saja. Satu kesatuan komponennya kisaran Rp 15 juta bahkan lebih," ungkap Adhy.


Ilustrasi. Electronic power steering Istimewa
Ilustrasi. Electronic power steering sumber : Istimewa

Adhy sebagai orang yang dominan pada bengkel mobil ini tentu belia sering mendapati banyak permasalahan yang ditemui seperti Daihatsu Terios, Toyota Rush dan Toyota Alphard.

"Kalau Alphard sepertinya karena bobot mobilnya yang lumayan berat, jadi motornya harus kerja keras," sebut pria ramah tersebut.

Lain halnya dengan perbaikan sistem power steering hidrolis yang biaya perbaikannya tak begitu mahal dengan pergantian komponen yang masih bisa diecer.

"Biasanya masalah yang ditemukkan di power steering hidrolis berkutat di seal, dan biayanya untuk satu set di kisaran Rp 2 juta," tutup Adhy.

Lantas bagaimana dengan kedua sistem power steering ini ? bagus mana menurut Anda yang hydrolik maupun yang electrik semua kembali ke Anda. di kutip dari laman gridoto

Demikian yang dapat di sampaikan mengenai EPS atau Electric Power Steering, pabila sobat mempunyai tanggapan lain silahkan isi kolom komentar dan share artikel ini ke orang orang di sosial media Anda dan dapatkan like banyak "SALAM OTOMOTIF"

Pencarian Terkait :

#toyota alphard
#EPS #mobkas
#daihatsu terios #otoseken


Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Awas Pasti Nyerah Kalau Electronic Power Steering Kena Masalah Dari Toyota Rush Sampai Alphard Juga. Berlangganan melalui email sekarang juga:

BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Awas Pasti Nyerah Kalau Electronic Power Steering Kena Masalah Dari Toyota Rush Sampai Alphard Juga"

Post a Comment