Kamu Harus Tahu, Bedanya Mobil Hybrid, Plug-in Hybrid, dan Electrik Vehicle, Takut Salah Menyebutkan ke Orang Lain

Perbedaan Mobil Hybrid - Plug-in - Electrik - Dengan adanya kemajuan zaman teknologi yang ada saat ini Anda harus mengenal mobil ramah lingkungan. Adapun terdiri dari tiga generasi atau tipe dari mulai teknologi mesin Hybrid, Plug-in Hybrid (PHEV) dan Electric Vehicle (EV) yang akrab disebut mobil listrik. Lantas mobil mobil tiga tipe mesin diatas diterapkan pada produk mobil apa saja ? Teknologi yang maju ini sudah semakin kerap populasinya termasuk indonesia.

Perbedaan Mobil Hybrid - PHEV dan EV
Perbedaan Mobil Hybrid - PHEV dan EV


www.marchelloka.com -  Takut salah menyebutkan dan kurang paham nantinya lantaran teknologi ini berbeda dengan mobil konvensional alias menggunakan bahan bakar fosil. Sedang di negara dunia seperti Indonesia kita ini kebanyakan menggunakan mobil bersumber daya bensin.

Lantaran misalkan mobil listrik Tesla tentunya harus ada infrastruktur pembangunan spot charging di setiap daerah. Hal ini tidak menutup kemungkinan juga kedepannya karena Tesla juga sudah mulai mendapati pasar global yang bagus, hanya saja harganya juga tergolong mahal

Baca Juga : Pencarian Mobil Terbanyak di Google di Setiap Negara

Baiklah untuk sobat otomotif baik yang sudah paham maupun yang sama sekali belum detail urusan tiga tipe mesin ini, informasi yang di sadur dari laman Gridoto bakalan membuka pemahaman Anda akan ini. Mari simak satu persatu di bawah ini.

Mobil Hybrid

Kita mulai dari Mobil Hybrid yakni mobil yang mempunyai dua buah mesin yang bekerja atau diusung, yakni mesin bahan bakar dan motor listrik. Jadi tidak pula 100 persen bahan bakar minyak dan sebaliknya.

Kedua mesin mobil ini akan bekerja sama dalam menghasilkan daya laju atau tenaga pada mobil secara efisiensi bahan bakarnya.

Mobil Camry Teknologi Hybrid
Mobil Camry Teknologi Hybrid

advertise

Dalam beberapa keadaan juga akan ada waktu dimana mesin bensin mati dan hanya mengandalkan motor listrik untuk melaju kendaraan.

Sedang baterai yang berfungsi untuk  sumbernya di mobil listrik ini akan diisi  dengan menangkap energi kinetik pada proses pengereman dan pasokan listrik secara langsung dari mesin bakar.

Nah kesesuaian mobil ini sangat pas untuk mobil mobil di Indonesia lantaran sangat praktis dan simple dipakai

Sobat otomotif sebagai pemilik mobil ini hanya tinggal mengisi bensin sesuai dengan spesifikasi saja. Sobat tidak perlu memikirkan atau mengkhawatirkan untuk proses pengisian daya baterai atau charging seperti di mobil PHEV dan EV

Deretan mobil dengan teknologi hybrid ini yang sudah ada di pasaran Indonesia adalah Toyota Camry Hybrid, Toyota Alphard Hybrid, dan Toyota Prius Hybrid.

Banderol mobil mobil ini pastinya akan lebih tinggi ketimbang mobil dengan mesin bensin saja

Mobil Plug-in Hybrid (PHEV)

Lanjut untuk mobil generasi Plug-in Hybrid yakni mobil hybrid seperti diatas hanya saja memiliki eksternal charging. Mobil ini sebenarnya menggunakan dua buah mesin yakni mesin bakar bensin dan motor listrik

Akrab disebut dengan PHEV yang memiliki kemampuan lebih canggih ketimbang generasi Hybrid. Jadi Sumber daya listrik bisa di charging atau diisi melalui listrik rumah ataupun kantor untuk mengisi daya baterai kembali


advertise

Range Rover Plug-in Hybrid (PHEV)
Range Rover Plug-in Hybrid (PHEV)


Proses melajunya adalah Anda bisa melakukan mode EV alias Electrik Vehicle dengan jarak 12 hingga 150 km, hal ini tergantung dari medan yang ditempuh dan lalu lintas yang dilalui.

Sedang ketika sobat kehabisan daya beterai maka yang akan bekerja adalah mesin bensin yang ada di dalamnya

Gambaran mobil yang berteknologi mesin Plug-in Hybrid (PHEV) adalah BMW i8, BMW i3 dan Mercedes Benz E 350 e.

Dari vendor atau pabrikan lainnya sebenarnya mereka masih terus mengembangkan teknologi ini namun statusnnya masih "riset buat pasar indonesia" seperti halnya Toyota Prius PHV dan Mitsubishi Outlander PHEV.


Mobil Electric Vehicle (EV)

Sedang yang terakhir kita bahas ini adalah mobil listrik atau EV (electric vehicle) Mobil ini tidak memiliki mesin bakar sama sakali, dan hanya menggunakan motor listrik saja untuk menopang laju mobil. Sangat berani tanpa ada cadangan mesin bakar untuk sewaktu waktu ketika  sumber listriknya habis.

Dalam proses pengisian sumber tenaga baterai menggunakan input dari eksternal dan mengumpulkan energi kinetik ketika pengereman berlangsung.

Di negara Indonesia belum ada pabrikan yang menjual mobil listrik ini secara resmi, hanya masih status importir umum yang berani menjual Tesla di sini dan untuk unitnya juga tidak banyak.

Mobil Listrik Tesla
Mobil Listrik Tesla


Cenderung mobil listrik ini dipajang di berbagai ajang atau pameran saja di Indonesia sebagai salah satu bukti pencapain teknologi di bidang pabrikan otomotif mobil.

Mobil listrik ini membutuhkan infrastruktur jaringan stasiun pengisian listrik juga (EV Charging Station) untuk mewujudkan pasar mobil listrik, sedang di Indonesia saat ini masih belum terlaksana.

Hal ini tentu berbeda dengan kawasan Eropa, Amerika Serikat, dan Jepang yang sudah menunjang banyak sekali stasiun pengisian sumber listrik untuk mobil

Demikian diatas merupakan perbedaan dari masing masing mesin mobil yang ramah lingkungan saat ini, memang sungguh mahal terutama untuk mobil Tesla  yang merupakan mobil listrik dengan kekuatan yang bagus di jalankan dan tidak memberikan asap gas buang.

Semoga seiring dengan kemajuan zaman bakalan tumbuh teknologi seperti mobil listrik Tesla ini, akhir kata terimakasih jangan lupa tinggalkan komentar, dan share artikel ini biar bisa bermanfaat bagi orang lain "SALAM OTOMOTIF"

Pencarian Terkait :

@Tesla Mobil
#mobil ramah lingkungan
#mobil listrik terbaik
#mobil hybrid termahal


Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Kamu Harus Tahu, Bedanya Mobil Hybrid, Plug-in Hybrid, dan Electrik Vehicle, Takut Salah Menyebutkan ke Orang Lain. Berlangganan melalui email sekarang juga:

BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Kamu Harus Tahu, Bedanya Mobil Hybrid, Plug-in Hybrid, dan Electrik Vehicle, Takut Salah Menyebutkan ke Orang Lain"

Post a Comment