Cara Langkah Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2018 | Perhatikan baik baik sobat

      Balik Nama Kendaraan Bermotor – Artikel ini terutama bagi sobat yang barusan membeli motor bekas atau kendaraan bekas lainnya terkait dengan balik nama kendaran. Karena pemilik lama masih tertulis pada STNK dan BPKB kendaraan yang sobat otomotif beli tadi, yang nantinya bakalan merepotkan sobat ketika jatuh temponya untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor pada SAMSAT dengan nama yang masih orang lain atau pemilik lamanya. Misal saja harus dengan meminjam KTP orang pemilik lama kendaraan tersebut, bisa jadi orang tersebut tidak Anda kenal sama sakali dan bila saja tempat tinggalnya sangat jauh dari posisi Anda saat ini atau bahkan sama sekali tidak bisa ditemui. Sudah jelas repot kebayangnya bukan?

Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor

    www.marchelloka.com - Nah untuk mengatasi persoalan diatas tentunya sobat harus melakukan Balik Nama kendaraan bermotor agar seterusnya tidak direpotkan dan memudahkan sobat dalam membayar Pajak kendaraan. Mari lakukan hal ini sobat otomotif, adapun tentunya kita harus bersabar dalam urusan Balik Nama ini karena membutuhkan waktu dan kesabaran, karena sobat bakalan dianjurkan untuk mengurus beberapa dokumen dokumen perpindahan data baik yang berada di STNK dan BPKB. Tahap perubahan pertama adalah pada STNK dan dilanjutkan pada Pemindahan data yang ada di BPKB dari Nama pemilik lama ke pemilik baru.

        Perihal Balik Nama kendaraan atas nama pemilik lama kepada pemilik baru tentunya tidak hanya berlaku pada motor namun berlaku juga pada kendaraan roda empat atau lebih alias mobil. Mengurus ini sangat menyita waktu sobat otomotif jadi harus benar benar luang sobat, Hal seperti ini dimulai dari mempersiapkan berkas berkas yang akan dipakai nantinya kemudaian datang kepada pihak pihak yang berkaitan. Belum juga waktu yang digunakan untuk mengurus STNK nantinya berikut BPKB, Anda harus jeli dan teliti serta nikmati setiap prosesnya, sabar selalu sebagai kuncinya


      Perhatian bagi sobat otomotif yang mempunyai keperluan melakukan balik nama kendaraan bermotor untuk STNK dan BPKB perlu mengetahui hal hal sebagai berikut. Alangkah lebih baik bila sobat otomotif sudah memahami prosedurnya terlebih dahulu sebelum melangkah pada perubahan nama pada STNK dan BPKB. Untuk perihal biaya yang diperlukan salah satunya ialah biaya pajak dan beberapa biaya diluar pajak tersebut. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara Balik Nama Kendaraan Bermotor 2017 - 2018 berikut ini.

advertise

1. Prasyarat Serta Prosedur Balik Nama Pada Stnk

       Mengenai perihal  tata cara balik nama kendaraan bermotor pada STNK sobat otomotif dan pembaca setia mesti mempersiapkan dokumen dokumen yang nantinya akan  diserahkan ke kantor Samsat. Nah, pastikan dan yakinkan bahwa dokemen Anda saat ini adalah sesuai dengan apa yang di syaratkan oleh pihak Samsat. Managemen waktu untuk melaksanakan balik nama kendaraan bermotor kami menyarankan Sobat berangkat lebih pagi karena tentunya bisanya ramai dan penuh antrean. Bila sobat berangkat siang pastinya akan mendapatkan nomor antrian yang sudah pasti sangat lumayan lama, adapun dokemen yang perlu disiapkan ketika masih ada dirumah adalah sebagai berikut.

Dokumen yang harus di Siapkan
1 STNK asli dan  fotokopi
2 KTP sang pemilik baru, asli, dan fotokopi
3 BPKB asli dan fotokopi


           Kwitansi pembelian motor bekas yang di tandatangani diatas materai oleh sang penjual dan sang pembeli setelah nanti sobat melengkapi berkas berkas untuk proses balik nama kendaraan bermotor, langkah selanjutnya yakni mendatangi kantor Samsat. Pastikan juga sobat membawa uang yang cukup untuk membayar nantinya di Samsat dan biaya biaya lainnya nantinya. Besaran nominal biaya yang diperlukan umumnya berbeda satu sama lain tergantung dari type kendaraan bermotornya dan tahun pembuatannya. Tidak hanya mobil semua kendaraan seperti motor bebek, matic dan sport juga bakalan mempengaruhi biaya yang timbul nantinya berdsarkan tarif yang sudah di tetapkan.

Cara Balik Nama pada STNK

1. Menuju Ke Samsat

Kantor Samsat

    Langkah pertama yang perlu sahabat kerjakan dalam proses balik nama kendaraan bermotor yaitu mendatangi samsat untuk menyerahkan dokumen yang sudah sahabat lengkapi terlebih dulu, janganlah lupa juga mungikn lain daerah mungkin saja juga ada penambahan dokumen yang di sertakan, tetapi dari sumber lakukan survai sendiri di daerah kami jadi dokumen tersebut yang nanti mesti di serahkan pada samsat di kota sahabat, jangan lupa sediakan blangko serta catat  semua dokumen itu dalam blangko.

2. Lakukan Cek Fisik Kendaraan Bermotor

     Setelah itu umumnya sahabat juga akan dibawa atau di tujukan pada petugas untuk lakukan cek fisik kendaraan bermotor itu, nanti sahabat juga akan diberi seperti hasil dari lembaran hasil cek fisik yang turut di sertakan dalam dokumen yang sudah sahabat bawa dari tempat tinggal itu, hasil dari cek fisik di samsat bersama kwitansi pembelian supaya difotokopi serta disimpan untuk lakukan pengurusan balik nama BPKB di POLDA, pastinya sesudah STNK usai kepengurusan di kantor SAMSAT.

3. Lakukan Pendaftaran Balik Nama

Langkah selanjutnya yaitu jika sesudah lakukan cek fisik kendaraan bermotor tinggal sobal lakukan pendaftaran balik nama, serahkan semuanya dokumen yang sudah disiapakan bersama bukti cek fisik barusan lalu sediakan STNK asli serta foto copy, KTP asli serta foto copy, BPKB asli serta foto copy, Hasil cek fisik yang sudah divalidasi, serta Kwitansi pembelian motor yang di tandatangani. Jangan sampai lupa juga sediakan materai Rp 6. 000, nanti sahabat juga akan diberi formulir untuk di isi yang nanti di serahkan lagi pada petugas di loket lainnya. nanti sobat juga akan disuruh untuk membayar uang dalam langkah ini atau membayar proses balik nama, tanyakanlah kembali pada petugas setelah selang saat 3-6 hari setelah dokumen diserahkan.

4. Pengambilan Notice Serta Lakukan Pembayaran

   Setelah proses pendaftaran selesai sampai hari tersebut maka selanjutnya sobat otomotif menyerahkan Tanda Terima ke loket pendaftaran Balik Nama dan memperlihatkan BPKB asli bila disuruh. Pada tahap selanjutnya menyerahkan foto copy kwitansi pembelian dan hasil cek fisik pada petugas loket, nantinya berkas berkas tersebut akan di jadikan arsip oleh pihak samsat. Sobat nantinya akan diberikan sebuah botice untuk segera di lakukan pembayaran di loket yang sudah ada di kantor Sasmsat dan lakukanlah pembayaran bila perlu gunakanlah uang pas agar transaksi pelayanan cepat selesai.

5. Pengambilan STNK

     Pada proses selanjutnya ketika pembayaran sudah dilakukan sobat otomotif akan disuruh menunggu sebentar sementara STNK di buat. Mungkin saja di daerah lain proses seperti ini malah memakan waktu berhari hari atau bisa saja malah langsung jadi  semuanya tergantung pada kebijakan yang ada di masing masing kantor Samsat pada umunya memang langsung jadi. Bila sudah jadi berarti lengkap sudah proses balik nama perubahan STNK yang sobat inginkan, Namun untuk proses Balik nama pada BPKBnya memang memerlukan banyak waktu sekali dan harus bersabar


Prosedur dan Prasyarat Balik Nama Pada BPKB


1. Menuju Ke Polda

   Harus benar benar sabar sobat otomotif, sobat juga akan disuruh untuk melakukan proses balik nama  pada BPKB motor dan wajib mendatangi Polda setempat. Bila benar belum paham sobat bisa tanyakan ke pihak Samsat terkait hal ini dan dokumen dokumen yang diperlukan saat mengajukan diri ke Polda terkait proses Balik Nama Kendaraan bermotor pada BPKB. Adapun berkas berkas yang biasanya dibutuhkan adalah sebagai berikut.

Berkas yang disediakan untuk sistem balik nama pada BPKB :

Foto copy STNK yang sudah di balik nama
Foto copy KTP
Foto copy BPKB
Foto copy hasil pengesahan cek fisik
Foto copy kwitansi pembelian motor
BPKB asli

2. Pembayaran Pada Loket Bank

    Setelah berkas atau dokumen yang telah disiapkan diatas telah dipenuhi maka kali ini sobat tinggal menyerahkannya  kepada petugas loket di kantor Polda dan pastinya kembali sobat otomotif bakal di kasih tanda administrasi yang harus dibayarkan pada bank pastinya loket juga tersedia disitu atau diarahkan oleh petugasnya. Besaran biaya administrasi berbeda beda sobat jadi jangan heran setelah pembayaran sukses nanti sobat akan diberi salinan atau copyan Slip Bukti setoran dan stiker spesial untuk ditempelkan pada formulir pendaftaran yang sobat sediakan tadinya.

3. Isi Formulir Pendaftaran BBN BPKB

Setelah itu sahabat juga akan diberikan formulir untuk lakukan pendaftaran BBN BPKB yang didapatkan di loket, isi formulir itu dengan benar dan upayakan jangan sampai salah, setelah itu letakan setiker atau bukti yang pertama  di keluarkan oleh bank tempat sahabat lakukan pembayaran, kemudian tinggal sobat serahkan  kembali pada petugas yang ada di loket, umum nya sobat juga akan diharuskan mengantre, setelah itu sahabat juga akan diberi tanda bukti kalau berkas tengah di urus, dan juga akan di beri tahu mengenai tanggal pengambilan BPKB tersebut

4. Proses Pengambilan BPKB

Setelah sobat menyerahkan berkas terakhir pada loket yang telah di tetapkan, nanti sobat  juga akan diberi bukti bahwa berkas itu tengah di proses serta memerlukan waktu sekian hari untuk prosenya, sobat juga akan di kasih tahu tanggal pengambilan BPKB yang atas nama sobat, dan proses pengambilannya harus juga antri  dan sabar tergantung  antrean pastinya.

     Proses atau langkah balik nama kendaraan bermotor memang begitu memakan waktu yang lumayan lama dan biaya biaya yang tak sedikit pastinya bila selesai pasti sobat otomotif akan merasa lega lantaran sobat tidak perlu ribet ribet meminjam KTP motor atau mobil dari pemilik lama yang juga akan dibayarkan pajak tiap tahunnya. Maka dari itu benar benar banyak waktu luang karena di wakilkan pun akan sangat merepotkan juga.


advertise
    Hanya sebagai referensi atau gambaran sobat, kembali kami tegaskan mungkin di berbagai kantor Samsat lain di indonesia memiliki perihal kebijakan kebijakan pengurusan sendiri jadi jangan kaget bisa saja lebih simple atau malah lebih banyak dokumen atau waktu yang dibutuhkan. Namun umunya adalah seperti di atas dan kami juga mengambilnya dari berbagai sumber terpercaya saat ini.

    Demikian Informasi atau ulasan yang berhasil kami himpun dari redaksi www.marchelloka.com dan dengan harapan semoga bisa menjadi hal yang bermanfaat bagi sobat otomotif dan pembaca pada umumnya. Silahkan berkomentar dan share artikel ini ke social media sobat barangkali saja ada teman yang tengah membutuhkan informasi ini. dan 'SALAM OTOMOTIF'



Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Cara Langkah Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2018 | Perhatikan baik baik sobat. Berlangganan melalui email sekarang juga:

BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Cara Langkah Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2018 | Perhatikan baik baik sobat"

Post a Comment