10 Tips Panduan Membeli Motor Bekas yang baik dan bagus untuk Sobat Otomotif

     Tips membeli motor bekas - Pasar otomotif Indonesia tidak lepas tentunya dengan motor bekas, harga motor bekas yang miring menjadikan para pecinta otomotif atau Anda yang berbisnis disini menjadi sebuah ladang usaha. Tidak semua orang bisa membeli motor baru meskipun sudah ada penjualan kredit atau angsuran tiap bulannya. Beberapa motor bekas yang masih bagus juga dijual dengan harga yang begitu cocok atau bagi mereka yang dijual lantaran butuh uang pastinya terkadang mendapatkan harga yang sangat baik. Kelebihan motor bekas adalah harga yang lebih murah dari harga baru dan spesifikasi sesuai dengan penyusutan kendaraan atau minus kendaraan.

Tips Membeli motor bekas untuk Anda


          www.marchelloka.com - Meskipun banyak yang membeli motor bekas dari orang tertentu atau penjual langsung terdapat beberapa dari pembeli juga bisa mendapatkan kekesalan atau kekecewaan setelah membelinya seperti mesinnya sudah tidak enak dikendarai, beberapa spesifikasi atau bagian tidak berfungsi. Makanya sobat mesti memahami setiap bagian bagian motor yang hendak sobat beli karena nanti harga motor bekas akan ketemu dengan titik yang paling dianggap layak dengan kondisi keadaan motor. Setelah mengetahui minus kendaraan hendaknya sobat juga memikirkan untuk melakukan penggantian perbaikan pada motor tersebut dibengkel sehingga merawat motor bekas ini bisa lebih layak atau baik lagi.

      Hal ini mesti dilakukan dan sangat gampang hanya butuh ke cermatan saja sobat ketika hendak membelinya. Pada kesempatan kali ini marchelloka.com hendak berbagi tips cara membeli motor bekas dengan baik dan silahkan simak tahapan dibawah ini.

advertise

1. Tetapkan Motor yang Ingin Dibeli

         Tahap awal sobat mesti menentukan jenis atau motor apa yang sedang dicari atau diinginkan, seperti motor matic, bebek, sport atau motoross. Hal ini mempermudah sobat dalam pemilihan dan penjual yang ditemuai juga akan menunjukan pilihan berdasarkan keinginan hati sobat otomotif. Sesuaikan pilihan Anda dengan kebutuhan nantinya untuk keseharian atau sebagainnya, nah apabila sobat sudah menentukan jenis atau motor Apa maka nantinya akan tidak membingungkan bagi Anda dan sobat penjual kemudain lanjut ke tahap yang kedua


2. Pastikan Penjual yang Benar


Penjual yang benar benar Anda pastikan

      Pada tahap kedua selanjutnya ini adalah sobat harus pandai menentukan penjual motor bekas tersebut, Apakah orang tersebut bisa untuk dipercayai dan tidak mengecewakan Anda. Karena hal seperti ini rawan sekali dengan aksi tipu atau penjual motor bekas yang nakal, sehingga bisa mengecewakan Anda nantinya. Saran kami adalah teman teman Anda saja yang sudah akrab dikenal sebelumnya dan mempunyai kemampuan untuk mengadakan transaksi motor bekas ini dan sudah pernah sukses bertransaksi motor bekas.

3. Check Kelengkapan Surat Motor

       Pada langkah ini sobat harus memastikan perihal kelengkapan surat motor bekas ini. Hal ini menjadi sangat penting dan jangan sampai lupa setelah sobat mengecek melihat kondisi motor bekas yang hendak dibeli. Kelengkapan surat motor dari STNK dan BPKB apakah sesuai dengan fisik motor bekas dan penjualnya sesuai ? apabila hal ini pas dan sesuai maka silahkan lanjut ke negosiasi harga namun apablia terjadi keganjilan pada surat kelangkapan motor bekas seperti BPKB tidak ada atau STNK tidak ada maka sebaiknya tidak usah dilanjutkan karena kita mencari aman saja daitakutkan nanti bakalan ada apa apa yang tidak beres atau malah mendapati motor bekas curian. Rawan sekali aksi pencurian motor ( Curanmor) di berita berita maka dari itu kita harus hati hati dalam membeli motor bekas dari seseorang.

4. Check Harga Pasaran Motor

      Harga pasaran untuk motor bekas harus sobat pahami terlebih dahulu sehingga dalam hal negosiasi nantinya dengan si penjual akan begitu sangat pas. Pada umunya harga terbentuk dari jenis motornya dahulu baik matic, sport atau bebek cari informasi selengkapnya seperti harga OTR umumnya harga baru motor tersebut, dan harga bekasnya nanti akan terbentuk. Tahun pembuatan kendaraan juga mempengaruhi harga motor bekas tersebut, semakin jauh kebelakang tahunnya maka akan semakin murah motor bekas tersebut. Harga motor bekas pada forum forum atau website laman resmi hanya sebagai referensi bagi sobat, segang harga pasnya juga terbentuk dari kesepakatan antara si penjuak dan si pembeli nantinya. Harga juga tegantung bagaimana kondisi motor bekas tersebut banyak yang diperbaiki nantinya atau tidak.

advertise

5. Check Nomor Rangka Mesin
 
      Pada langkah ke lima ini adalah melakukan pengecekan pada nomor angka mesin, langkah ini harus benar benar cermat dan memahami letak pada motor bekas yang hendak di beli. Di cocokan dengan surat surat diatas karena apabila terdapat keganjilan bisa bisa sobat menjadi penadah barang curian nantinya.  Tindak pencurian tidak hanya ada di kota saja melainkan saat ini sudah sampai pada desa desa dan pelosok yang notabennya tidak memahami dengan detail panduan membeli motor bekas.   Waspada itu perlu sobat otomotif dan menjadi wajar saja, apabila motor bekas sobat lakukan cek bukan hasil curian maka akan sangat pasti dan tidak ada keraguan yang timbul oleh penjual motor bekas

6. Check Keadaan Motor
 
       Dalam urusan membeli motor bekas pastinya sobat mesti melakukan pngecekan kondisi dengan sangat cermat terutama soal mesin motor kendaraan masih terjaga terawat dengan baik oleh si pemilik sebelumnya atau malah terbengkalai dalam artian tidak pernah terawat sebelumnya.  Setiap orang memiliki kepribadian yang sangat berbeda beda menjadikan pemakian motor kadang seneaknya atau malah sebaliknya begitu sangat dijaga. Seiring lama pemakaian maka tingkat penyusutan pada mesin akan sangat jelas dan ketikan nantinya dipakai oleh sobat jangan sampai setelah membeli kecewa karena mesti turun mesin.  Apabila sobat dalam hal ini belum sebegitu paham hendaklah membawa teman yang paham akan hal ini jadi sangat begitu membantu ketika dalam kesulitan pengecekan

7. Test Ride  Motor


Test Ride motor sebelum membeli

         Lanjut pada langkah selanjutnya yakni lakukan test ride pada motor bekas yang hendak sobat beli tersebut. Test ride atau uji menaiki kendaraan sebaiknya dilakukan dengan waktu yang cukup lama sehingga nantinya sobat bisa merasakan kinerja dari mesin motor kemudian kaki kaki atau suspensi motor bekas tersebut. Hal ini sah sah saja hanya jangan sampai tidak melakukan test ride yha sobat. Ditakutkan karena nantinya setelah selesai transaksi sobat bakalan kecewa atau menyesal dibelakang. Apabila semua oke meliputi komponen utama mesin kemudian kaki kaki motor maka sobat bisa lanjutkan tranksaksi pembelian motor bekas ini.

8. Check Keadaan Kelitrikan

     Tips selanjutnya adalah mengenai kelistrikan yang berjalan pada motor bekas tersebut apakah ada yang tidak berfungsi mati atau kabelnya ada yang putus misalkan. Hal yang paling utama seperti pada lampu utama, lampu sign dan stoplampp belakang harus benar benar Anda cek sobat. Starter menjadi acuan utama apabila keadaannya oke maka aki di motor bekas tersebut juga masih oke, klakson motor bekas juga dicoba jangan sampai ketinggalan. Apabila kondisi kelistrikan dirasa kurang baik dan sobat sangat menginginkan motor tersrbut setidaknya lakukan negosiasi kemabali pada transaksi dengan sang penjual.

9. Check Kondisi Mesin Saat Menyala

      Mesin yang dalam keadaan On atau nyala tentunya akan sangat terlihat bagaimana kondisi motor bekas tersebut. Jangan sampai lupa untuk mealkukan ini agar kita terhindar dari perasaan kecewa setelah membeli motor bekas tersebut. Apabila sobat kurang memahami soal ini maka hendaknya seperti tips sebelumnya bawalah mitra atau kawan sendiri yang paham mengenai motor atau bahkan mereka yang bekerja di bengkel. Dengarkan bunyi mesin saat menyala apabila suaranya begitu halus berarti masih dalam kondisi Oke, namun apabila suaranya kasar tentunya harus di perbaiki dan memerlukan waktu dan biaya kembali untuk service. Hal ini juga harus dibicarakan dengan sang penjual terkait negosiasi harga motor bekas tersebut.

10. Bawa Teman yang Tahu mengenai Motor

Mengajak Teman yang paham mngenai motor


       Nah untuk tips atau cara yang terakhir adalah hendaknya sobat membawa teman yang dipercaya dan paham betul apa itu motor dan setiap bagain bagian motor tersebut. Hal ini sangat begitu disarankan agar sobat bisa berdiskusi bersama mengenai kondisi motor bekas yang bakalan sobat beli tersebut. Ada lawan banding dalam berdiskusi tidak asal dari sang penjual yang kadang ada saja yang tidak disebutkan minus kendaraannya.  Rasa kecewa nantinya juga tidak akan terjadi karena pilihan yang salah pada motor bekas tersebut, karena sudah berunding dengan yang lebih ahli dalam hal motor. Namun biasanya sih sobat yang henda membeli motor bekas sudah paham sebelumnya mengenai bagian bagian yang harus dilakukan pengecekan pengecekan sehingga harga kesepakatan atas motor bekas sangat sesuai dengan kondisi dan minus kondisi motor saat ini.


advertise
     Diatas merupakan 10 tips panduan atau langkah yang mesti sobat lakukan dan beberapa hal mungkin bisa sobat tambahkan dalam kolom komentar di bawah ini.  Lebih baik pandai memilah daripada kecewa dibelakang setelah membeli, pada umumnya saat ini banayak penjual motor bekas yang tawarkan tanpa ada minus namun yang namanya transaksi tetap barang harus sudah di setujui dengan kondisi apa adanya sesuai dari sang pembeli. 

    Demikian Informasi atau ulasan yang berhasil kami himpun dari redaksi www.marchelloka.com dan dengan harapan semoga bisa menjadi hal yang bermanfaat bagi sobat otomotif dan pembaca pada umumnya. Silahkan berkomentar dan share artikel ini ke social media sobat barangkali saja ada teman yang tengah membutuhkan informasi ini. dan 'SALAM OTOMOTIF'


Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari 10 Tips Panduan Membeli Motor Bekas yang baik dan bagus untuk Sobat Otomotif. Berlangganan melalui email sekarang juga:

BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "10 Tips Panduan Membeli Motor Bekas yang baik dan bagus untuk Sobat Otomotif"

Post a Comment