Servis Mobil Rutin Berkala Harus Diperhatiakan, Dan Siapkan Biayanya No 3 Mahal Loh . .

Servis Rutin Berkala -  Sebagai pemilik mobil tentu menginginkan kendaraan pribadi kita ini yang menyenangkan dan nyaman ketika melaju tidak ada masalah dan juga baik baik saja. Nah hal seperti ini tentu tidak lepas dari yang namanya rutinitas servis secara berkala. Yha dengan kecepatan dan takaran jarak Km yang ditempuh tentu mobil memiliki settingan yang geser dll. Nah perlu datang ke bengkel untuk memastikan semua hal ini bisa kembali prima.

Servis Berkala Mobil
Servis Berkala Mobil 

www.marchelloka.com - Setiap mobil mempunyai banyak komponen penggerak yang perlu selalu di cek dan di setting ulang baik demi keselamatan dan kenyamanan ketika nanti kita berkendara. Jadi tidak boleh diabaikan begitu saja, justru harus mendapati perhatian yang lebih dari pemiliknya.

Baca Juga : Cara Membuat mobil listrik Sederhana sendiri


Harus sering dilakukan servis secara berkala, dilakukan pemeriksaan dan apabila masanya diganti juga harus sediakan budget anggaran yang lebih. Berikut merupakan komponen yang harus difokuskan ketika Anda melakukan servis secara berkala.

AC Mobil
AC Mobil

1. Air Condition (AC)

AC merupakan hal yang paling terasa ketika ada di dalam mobil, suhu yang sejuk tentu sangat diinginkan apalagi ketika cuaca sedang panas. Servis AC secara rutin sangatlah dianjurkan seperti ganti pelumas, refigeran dan pemebersihan. Sedangkan biayanya sangat bervariasi.

Servis dilakukan pada setiap tahun sekali atau setiap 10.000 km dalam kota hingga 20.000 km untuk yang luar kota. Namun apabila sobat otomotif tinggal atau berada di daerah yang cenderung lebih berpolusi maka servis dilakukan setiap 3,000 km dalam kota.  Nah untuk mobil pabrikan asal Jepang biaya servis Ac dipatok diharga Rp 300.000 sampai dengan kisaran Rp 575.000.

Apabila sobat otomotif mobilnya adalah keluaran dari Eropa maka biaya servis lebih mahal yakni berkisar andara Rp 1.100.000 sampai dengan Rp 2.000.000. Tentu ini sangat relatif tergantung jenis mobil dan tingkat kesulitannya sendiri.

Sedangkan untuk proses servis AC mobil membutuhkan waktu selama satu sampai dengan delapan jam. Apabila freon ternyata cepat habis maka ada kebocoran di sistem pendingin kendaraan Anda, sehingga perlu diperhatikan dengan baik sebelum pengisian ulang untuk freoonya.

2. Spooring dan Balancing

Kita lanjut ke bagian kaki kaki mobil sobat, tentu setiap mobil berbeda beda yang mana sering melewati jalan yang bergelombang dan rusak akan sangat berpengaruh kepada bagian kaki kaki mobil yang mengaibatkan presisi ban mobil cepat berubah. Tentu hal ini sangatlah tidak nyaman sehingga sobat perlu untuk melakukan spooring dan balancing pada mobil demi kenyaman Anda berkendara.

Spooring sendiri merupakan proses meluruskan kembali kedudukan empat roda mobil seperti awal pengaturan pabrikan, Biasanya roda yang hendak diluruskan dan diatur lagi adalah roda bagian depan.

Lanjut ke Balancing yakni merupakan proses menyeimbangkan kembali, yakni ke empat roda mobil Sobat harus dipastikan putarannya seimbang, yang biasanya hal ini dilakukan ketika usai penggantian ban mobil atu velg.

Urusan harga spooring dan balancing juga tergantung dari model mobilnya, sedangkan untuk balancing biasanya tarifnya adalah Rp 30.000/roda mobil.

Spooring dan Balanching
Spooring dan Balanching

3. Kaki-Kaki

Bagian kaki kaki sekarang seperti halnya joint, tierod, stabilizer dan booshing yang memiliki usia pakai yakni setiap kali 100.000 km atau setara dengan masa 5 tahun itu saja apabila mobil Anda berjalan melalui jalan yang mulus mulus saja atau yang wajar. Karena bila sang pengemudi dalam melaju terbilang kasar akan mengurangi usia pakai dari komponen komponen diatas bahkan sampai dengan setengah usia wajarnya.

Ketika nanti komponen tersebut sudah aus bakalan muncul gejala gejala kerusakan pada mobil seperti pada ball joint dan tierod biasanya akan mengeluarkan suara yang berisik dan mengganggu di telinga. Jangan di diamkan begitu saja nanti bisa semakin parah kondisi mobil Anda dan bisa mengakibatkan ban copot dari tempat semestinya.

Untuk perbaikan sendiri dapat dilakukan dengan menggantinya dengan produk rekomendasi pabrikan jika saat ini yang dipakai bukan asli pabrikan, selain terjami originalnya, kualitas dan ke awetan juga seperti sedia kala meskipun harganya akan lebih mahal ketimbang non pabrikan.

Nah untuk alternatifnya sobat dapat merekomendasikan degan menggunakan bahan polyurethane, cara ini dapat menekan biaya hingga 50%. Ball Joint, Tierod dan link stabilizer bawaan dari mobil dicopot dan bagian yang rusaknya diganti menggunakan bahan polyurethane.

Begitu juga dengan booshing - booshing. Sedangkan untuk pengerjaan rata rata yang dilakukan menghabiskan waktu sekitar 3 jam lamanya. Dan kisaran harga untuk jasa perbaikan mulau dari Rp 600.000 sampai dengan 9 juta rupiah.

Demikian informasi yang dapat marcheloka sampaikan, semoga bermanfaat bagi sobat otomotif, Bagi sobat yang ingin berdiskusi bisa isi bagian kolom komentar yang ada di bawah ini. jangan lupa untuk share artikel ini di media sosial anda dan dapatkan like terbanyak "SALAM OTOMOTIF"

Pencarian terkait

#servis bengkel mobil
#servis berkala mobil
#spooring balanching

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Servis Mobil Rutin Berkala Harus Diperhatiakan, Dan Siapkan Biayanya No 3 Mahal Loh . .. Berlangganan melalui email sekarang juga:

BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Servis Mobil Rutin Berkala Harus Diperhatiakan, Dan Siapkan Biayanya No 3 Mahal Loh . ."

Post a Comment