Memompa Ban Mobil Terlalu Keras Atau Kurang Angin, Anda Pilih Yang Mana ?

Ban Mobil dan Tekanan Anginnya - Halo sobat otomotif, pernah tidak mendengar pemahaman dimana teman teman kita terkadang memompa ban mobil dengan tekanan yang kurang dari standar dan melebihi standarnya ? Standar Operasionalnya sudah diatur oleh pabrikan sesuai dengan jenis kendaraan dan ukuran ban yang digunakan, dan pastinya digunakan di seluruh pabrikan, namun demi suatu alasan misal mengangkut penumpang lebih banyak  dan lainnya ? Apakah efeknya ? baca sampai dengan selesai sobat.

Tekanan Ban Mobil Yang Ideal
Tekanan Ban Mobil Yang Ideal

www.marchelloka.com - Biasanya Anda bakalan menjumpai label yang ditempel di samping pintu depan mobil pengemudi pastinya.  Nah hanya terkadang beberapa pemilik kerap kali mengabaikan hal ini.

Baca Juga : Pentingnya Servis Mobil Secara Berkala, Wajib dipahami


Sengaja di pompo lebih keras atau diatas standar dengan asumsi untuk mengangkut banyak penumpang. Dan juga ada yang ingin mengurangi tekanan angin ban di bawah standar dengan tujuan mendapatkan redaman yang lebih empuk.

Mungkin Anda juga salah satu yang sering melakukan hal ini ? tentu kita harus menanyakan kepada pakar dari soal tekanan angin pada ban yang ideal atau direkomendasikan sebagaimana mestinya.

Pengukuran Tekanan Angin pada ban
Pengukuran Tekanan Angin pada ban 


Bambang Hermanu Hadi, Manager Training and Product Knowledge PT Sumi Rubber Indonesia mengatakan dua hal tersebut tidak baik. yang dikutip dari laman otomotif Gridoto.com

"Sebenarnya kedua kondisi tersebut kurang baik untuk mobil itu sendiri," buka Bambang.

Hal yang paling tepat adalah menggunakan tekanan angin sesuai rekomendasi pabrikan mobil.
"Akan tetapi bila harus memilih, tekanan angin ban lebih tinggi itu lebih aman dibanding di bawah rekomendasi pabrikan," terangnya lagi.

Ini karena ban yang kurang angin akan lebih mudah rusak akibat benturan dengan permukaan jalan yang tidak rata.

Benjolan di Ban Mobil
Benjolan di Ban Mobil karena kurang angin


"Benturan yang terus-menerus dan beban yang ditopang ban cukup berat akan membuat benang nylon bisa putus dan telapak ban atau sisi dinding ban bisa benjol dan pecah," sebutnya lagi.

Makanya banyak kejadian pecah ban di jalan tol yang disebabkan tekanan angin ban kurang dari standar.

"Selain itu, kenaikan tekanan angin ban juga lebih tinggi pada kondisi ban yang kurang angin," ungkap Bambang.

Umumnya, tekanan angin ban pada mobil bila dipergunakan lama bisa naik sekitar 2-3 Psi.

Jadi jangan sampai ban kurang angin ya sob. Nah pesannya seperti itu mulai sekarang sobat baik yang sedang pemula mengendarai mobil terutama, harus memperhatikan soal ban mobil ini.

Demi kemanan dan kenyamanan Anda dalam berkendara nantinya. Jangan lupa untuk share artikel informasi baik ini ke orang lain dan dapatkan like terbanyak di saat Anda membagikan di Facebook, WA dan lainnya. "SALAM OTOMOTIF"

Pencarian Terkait ;

#ban mobil standar
#tekanan angin
#bengkel mobil terdekat
#marchelloka

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Memompa Ban Mobil Terlalu Keras Atau Kurang Angin, Anda Pilih Yang Mana ?. Berlangganan melalui email sekarang juga:

BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Memompa Ban Mobil Terlalu Keras Atau Kurang Angin, Anda Pilih Yang Mana ?"

Post a Comment