Hati Hati Jangan Asal Menolong Korban Kecelakaan, Apalagi Pegang Kepalanya

Korban Kecelakaan - Perlu sangat dipahami dan dimengerti bahwa untuk kecelakaan lalu lintas menjadi kejadian yang tidak di harapkan. Anda wajib malakukan pertolongan terhadap korban kecelakaan lalu lintas, secara naluri manusia pasti selalu care dengan korban apalagi yang terkapar di jalanan. Eits ada yang perlu diperhatikan tiap kali Anda menjumpai dan menolongnya jangan sampai membuat si korban malah tambah parah. Yang tadinya bisa di selamatkan karena ketidak tahuan kita pada hal tersebut malah menjadikan kondisi korban kian memburuk.

Ilustrasi - Kecelakaan Lalu Lintas
Ilustrasi - Kecelakaan Lalu Lintas
www.marchelloka.com - Apalagi sobat otomotif yang seharusnya menjadi sikap dan jiwa penolong yang tinggi. Kejadian kecelakaan tak terduga duga jadi kita wajib bisa menolong korban dengan baik dan benar, karena pihak medis belum tentu cepat untuk menolong di kejadian tempat terjadi laka lantas.

Baca Juga : Derek Mobil 24 Jam siap menjadi Solusi Bagi Anda yang sedang butuh


Jangan sampai kaya di atas menolong orang malah tambah memperburuk kondisi, maka ketidak mengertian kita terhadap proses menolong wajib di pelajari dan share ke banyak orang agar bisa bermanfaat.

Nah sikap yang perlu kita tunjukan ketika terjadi hal buruk seperti ini adalah setidaknya sebagai berikut.

Agus Widodo perwakilan dari Global Dokter Indonesia menuturkan, ada tata laksana pertolongan pertama pada kecelakaan yang harus dipahami bagi penolong.

"Cara yang paling mudah untuk menolong korban kecelakaan adalah yang pertama kali harus memastikan bahwa Anda aman terlebih dahulu. Jangan sampai saat Anda menolong malah jadi korban (terduga tersangka),"

Anggap sudah patah

Agus mengatakan, bahwa setiap melihat kecelakaan penolong harus berasumsi bahwa korban tersebut sudah alami patah tulang.

"Posisikan korban tidur terlentang jangan sampai dipindah-pindahkan. Kalau ada penolong lebih dari satu usahakan satu orang khusus untuk memegang kepala. Jadi saat dipindahkan ke tempat aman kepala korban tidak bergerak. Itu yang paling penting sekali," bebernya.

Jangan Ditarik

Saat korban terjatuh dari kendaraan dan tergeletak di jalan, korban jangan ditarik. Jangan mengangkat kaki korban lebih dulu atau jangan mengangkat badan dan kepalanya terlebih dahulu.

Angkat tubuhnya secara keseluruhan ke lokasi yang lebih aman.

“Saat ditarik, kita tak tahu apakah ada bagian yang patah atau tidak. Misalnya patah di leher kan kita enggak tahu," ucapnya.

Pastikan Napas Korban

Cek napas korban. Cek korban apakah masih tersadar atau pingsan.

“Di luar negeri semua orang rata-rata sudah terlatih bagaimana menolong korban kecelakaan,” ungkapnya.

Jangan Sendiri

Mintalah orang lain untuk membantu. Jangan mengangkat korban sendirian. Panggil 2-3 orang saat mengangkat dan pastikan tubuh korban lurus, angkat keseluruhan.

“Kepala harus dipegang dan tubuhnya lurus,” kata Agus.

"Untuk menjadi seorang penolong yang pertama harus kuat mental, kedua jangan panik. Karena bila panik yang mestinya dilakukan dengan benar bisa jadi salah. Jadi misalkan memindahkan tubuh korban jika tidak benar itu hanya memperparah keadaan," tutupnya.

Baca Juga : Informasi Asuransi Mobil Terbaik


Catatan ditas telah memberikan kita pemahaman saat hal buruk terjadi, setelah itu hubungi pihak medis untuk melakukan kinerja penyelamatan korban. Hal buruk ini pun akan parah jika Anda sama sekali tidak melakukan pertolongan apapun bahkan membiarkannya saja

Semoga cuplikan dari laman gridoto diatas dapat bermanfaat bagi para pembaca dan sobat otomotif pada khusunya. Jangan lupa untuk share artikel ini yha agar tambah bermanfaat bagi orang orang sekitar kita. "SALAM OTOMOTIF"

Pencarian Terkait :

#dokter kecelakaan
#tips menolong korban kecelakaan
#nomor penting medis
#kecelakaan lalu lintas

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Hati Hati Jangan Asal Menolong Korban Kecelakaan, Apalagi Pegang Kepalanya. Berlangganan melalui email sekarang juga:

BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Hati Hati Jangan Asal Menolong Korban Kecelakaan, Apalagi Pegang Kepalanya"

Post a Comment